Rabu, 10 Juli 2013

Jalan Pulung Rusak Parah



Parah! Jalan menuju Pulung Rusak Berat

PULUHAN titik jalan antar kecamatan dan kabupaten di wilayah Ponorogo banyak yang mengalami rusak berat. Sejumlah titik ruas jalan yang rusak ini, salah satunya jalur Kecamatan Siman menuju Kecamatan Pulung, tepatnya Jalan Halim Perdana Kusuma Desa Tajug, Kecamatan Siman. Selain kondisi aspal mengelupas, lubang jalan berukuran panjang mencapai 1 meter, serta berkedalaman 5cm. Dalam kondisi hujan, dapat membahayakan para pengguna jalan.

Meskipun sudah dikeluhkan warga, akan tetapi perbaikan jalan rusak di sejumlah titik ini, belum mendapatkan perhatian khusus dari Pemkab Ponorogo. Sebenarnya, masyarakat sekitar lokasi jalan rusak itu, sudah berusaha menambal dengan batu bata, tanah, dan semen agar tidak memicu kecelakaan. Akan tetapi, tambalan tidak awet, terlebih  saat hujan deras dan jalan kembali berlubang.

Hal ini dibenarkan oleh Hartono(33tahun) warga RT 01/RW 02, desa Tajug. Saat ditemui Seputar Ponorogo(08/07), ia mengatakan, kerusakan jalan tersebut sudah hampir satu bulan. Para warga setempat sudah beberapa kali menambalnya, namun tidak bisa bertahan lama dan jalannya kembali rusak. Soalnya, memang sewaktu menambal, para warga setempat tidak menggunakan bahan yang memadai. Bahkan, untuk menambalnya pun dari hasil iuran para warga setempat. Harusnya, hal ini menjadi tanggung jawab pemkab maupun Dinas Pekerjaan Umum(DPU).

“Rusaknya jalan menuju Pulung ini sangat meresahkan. Tidak hanya warga setempat, tetapi juga para pengguna jalan. Terlebih, waktu malam hari, tak jarang para pengguna jalan yang lewat itu keblegong, kemudian ban motornya bocor. Bahkan beberapa waktu lalu ada yang terjatuh,” ungkapnya.

Sementara itu, menyikapi hal tersebut, Kepala Dinas PU Hari Soebito mengakui, ada banyak titik jalan rusak yang memang jadi tanggung jawab Pemda. Ada sekitar kurang lebih 167 ruas jalan yang akan diperbaiki Dina PU. Salah satunya jalan Halim Perdana Kusuma, yang merupakan jalan masuk Kabupaten. “Untuk itu, dengan diambilkan dari dana APBD, pihak kami akan segera memperbaikinya. Dengan sistem tambal sulam,” pungkasnya. *
REPORTER ANDRE PRISNA

Tidak ada komentar:

Posting Komentar